Susah dan Senang, Kembang Kehidupan

API KEY Token Tidak Valid dan Kursus Tidak Aktif di Kartu Prakerja Gelombang 4



Setelah menunggu yang sangat lama, bahkan sempat di-PHP beberapa kali soal jadwal rilis Prakerja gelombang 4, kini akhirnya sobat bisa menikmati dana pelatihan Kartu Prakerja yang digelontorkan per 19 agustus 2020 kemarin. Dana sebanyak satu juta rupiah tersebut berfungsi sebagai pembayaran pelatihan (yang saat ini hanya online, pasal pandemi) di lembaga-lembaga pelatihan yang ditunjuk atau bekerjasama dengan pemerintah.

Yang kemarin lolos dan belum sempat cek, bisa cek saldo dan nomor Kartu Prakerja sobat di dashboard akun prakerja.go.id sobat.

Seperti yang terjadi pada gelombang 4 Prakerja, di mana kebanyakan dari para peserta memperoleh SMS pengumuman dari prakerja per 16 Agustus 2020.

Dari penjelasan SMS tersebut, bisa dilihat jika sobat telah lolos menjadi penerima kartu prakerja, dan untuk nomor Kartu Prakerja sendiri akan dirilis 3 hari setelah SMS dikirim, yakni pada 19 Agustus 2020 kemarin.

Lalu, kenapa saldo prakerja API KEY NOT VALID tidak bisa digunakan untuk membeli pelatihan?


Bukan tidak bisa digunakan ya ges, tapi belum bisa digunakan. Hal ini bisa sobat lihat kutipan dari postingan Instagram @prakerja.go.id dibawah ini;

"Selamat bagi Sobat yang telah mendapat SMS pengumuman sebagai penerima Kartu Prakerja Gelombang 4!
ㅤㅤ
Berikut ini langkah mengikuti pelatihan dengan Kartu Prakerja:

1. Cek dashboard akun Prakerja untuk memastikan dana pelatihan sudah tersedia
2. Bandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu, atau Tokopedia
3. Pilih pelatihan sesuai kebutuhanmu
4. Beli pelatihan dan bayar dengan Kartu Prakerja
ㅤㅤ
Saat ini, kami sedang mengirimkan dana ke akun Prakerja Sobat secara bertahap. Bila dananya belum tersedia, silakan cek kembali akun Prakerja Sobat secara berkala, ya.
ㅤㅤ
Bagi Sobat yang sudah mendapat dana, Sobat bisa membeli pelatihan mulai besok pada tanggal 20 Agustus 2020.
ㅤㅤ
Pastikan Sobat memilih pelatihan dengan seksama karena kesempatan Sobat untuk mengikuti program Kartu Prakerja hanya satu kali, lho. Jadi, pilih pelatihan dengan bijak, ya!" @prakerja.go.id

Melalui posting diatas sudah jelas jika Saldo Prakerja yang muncul pada 19 Agustus 2020, belum bisa digunakan hingga esok harinya pada 20 Agustus, atau hari ini.

Kemungkinan sobat baru bisa membeli pelatihan tepatnya pada pukul 12.00, nanti malam atau lebih enak cek esok harinya tanggal 21 agustus.

Bagaimana dengan notif "kursus tidak ditemukan" saat pembelian?

"Mohon maaf atas kendala yang dialami. untuk kendalanya, dikarenakan fasilitas pembayaran kartu prakerja sedang dinonaktifkan sehubungan dengan proses pengecekan dan verifikasi pemenuhan syarat Administrasi (Api dimatikan oleh PMO) jelas Ajeng.

Saran Mimin, sobat tidak perlu tergesa, pasal saldo ini aktif sebulan sejak dicairkan ke akun Prakerja sobat sekalian. Cek ricek dahulu pelatihan yang bagus dan cocok hingga proses blabla selesai dan Prakerja bisa digunakan dengan normal. 

Selamat bagi kalian yang telah menerima kartu Prakerja, ingat, duit rakyat gunakan dengan bijak dan sebaik-baiknya 😉

Video Terkait:



Wassalam.
Labels: Ono Manfaate

Thanks for reading API KEY Token Tidak Valid dan Kursus Tidak Aktif di Kartu Prakerja Gelombang 4. Please share...!

0 Comment for "API KEY Token Tidak Valid dan Kursus Tidak Aktif di Kartu Prakerja Gelombang 4"

Back To Top